Sabtu, 01 Desember 2012

Demikrasi N' koNstitusi,,,



Demokratis yakni tanggap atas perubahan ketentuan serta ketetapan yang dialami oleh bangsa Indinesia. Masyarakat yang demokratis dapat membantu bangsanya dalam mewujudkan segala hal tujuan yang ingin dicapainya. Masyarakat yang demokratis juga dapat menambah nilai plus-plus dalam suatu negara. Misalnya dalam masalah negara yang lebih banyak mengimpor beras keluar negri daripada mengambil pemasok dari dalam negri sendiri. Sebagai masyarakat yang demokratis kita pasti mencoba untuk memberi yang terbaik yaitu dengan memberikan usulan serta pendapat kepada pemerintah agar dapat memilah-milih jalan terbaik untuk bangsa dan negaranya.
Konstitusi yakni melakukan sesuatu, sesuai dengan ketentuan UUD yang telah ditetapkan dalam suatu bangsa. Misalnya konstitusi tentang pendidikan nasional di Indonesia, Pendidikan Nasional adalah Pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Pengertian tersebut tercantum dalam buku Himpunan Perundang-undangan Republik Indonesia tentang Guru dan Dosen UU No.14 Th 2005. Masyarakat yang menjalankan sesuai konstitusi suatu negara disebut konstitutis.
Kemajuan dalam bangsa dan negara kita tergantung pada kedemokratisan serta kekonstitusian suatu masyarakat. Bisa dibilang masyarakat yang demokratis dan konstitutis memiliki peran aktif dalam suatu negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar