Senin, 24 Desember 2012

Masyarakat Madani...



Civil Society
Masyarakat madani tadak muncul dengan sendirinya , ia menghajatkan unsur-unsur sosial yang menjadi prasarat terwujudnya tatanan masyarakat madani. Faktor-faktor tersebut merupakan satu kesatuan yang saling mengikat dan menjadi karakter khas masyarakat madani:
1.     Adanya wilayah publik yang bebas.
2.    Demokrasi.
3.    Toleransi.
4.    Pluralisme.
5.    Keadilan sosial.
Untuk pertama kali istilah masyarakat madani dimunculkan oleh anwar ibrahim, mantan wakil perdana menteri malaysia. Menurut anwar ibrahim, sebagai mana dikutip dawam rahardjo, masyarakat madani merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangana antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat.
Civil society adalah ruang dimana warga dapat mengembangkan kepribadian dan memberi peluang bagi pemuasan kepentingannya secara bebas tanpa paksaan, (Thomas Paine, 1792).
Jadi dapat disimpulkan bahwa masyarakat madani (civil society) adalah suatu kumpulan individu yang yang memiliki ruang tersendiri guna untuk dapat mengembangkan kepribadian secara bebas dan tanpa paksaan siatu apapun. Dengan adanya masyarakat madani ini dapat membantu baik bangsa maupun negaranya dalam mengembangkan  dan memajukannya, dengan apa yang mereka hasilkan untuk negaranya. Jayalah Masyarakat Madani, jayalah Bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar